Kemendikbud Beri Penghargaan Kepada Dindik Kota Malang

Malang – Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang kembali menorehkan prestasi tingkat nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan penghargaan kepada Dindik Kota Malang sebagai pengelola pendidikan terbaik di daerah.

Pemberian penghargaan itu disematkan pada gelaran Rembug Nasional yang dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP serta seluruh kepala dinas pendidikan tingkat kota dan provinsi se Indonesia, Rabu (25/1) malam.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, yang menerima langsung penghargaan tersebut, menghaturkan terima kasih yang sebesar besarnya atas kinerja insan pendidikan yang ada di Kota Malang.

Pasalnya, prestasi itu tidak akan bisa diraih tanpa adanya jalinan kerjasama seluruh insan pendidikan di Kota Malang, penghargaan kemendikbud itu tidak mungkin diberikan.

“Ternyata kinerja insan pendidikan di Kota Malang selama ini diamati, dicermati dan dinilai oleh Kemendikbud. Padahal sebelumnya tidak ada pemberitahuan, tidak ada gelaran atau event penilaian. Tahu – tahu langsung diberikan penghargaan. Hal ini benar benar merupakan kebanggaan bagi kita semua.” Kata Zubaidah.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Malang di bawah kepemimpinan wali kota H. Moch. Anton yang memberikan prioritas pada sektor pendidikan, serta jajaran legislatif yang juga selalu memberikan support demi kemajuan serta peningkatan kualitas pendidikan.

Zubaidah menjelaskan prestasi yang diterima dari Kemendikbud itu tidak lepas dari beberapa program yang selama ini sudah dijalankan dengan baik.

Beberapa diantaranya seperti sekolah gratis, konsisten dalam membentuk sekolah adiwiyata, penciptaan lingkungan sekolah yang sehat melalui kegiatan UKS serta terobosan inovasi Green School Festival (GSF) merupakan program yang selama ini membawa dampak positif dalam dunia pendidikan.

Tak hanya itu, untuk meningkatkan kualitas pendidik dan menata administrasi sekolah, Dindik Kota Malang juga menggelar lomba kinerja kepala sekolah, transparansi pengelolaan dana Bosda dan Bosnas oleh satuan lembaga pendidikan hingga peningkatan kualitas tenaga pendidik serta tenaga kependidikan melalui berbagai pelatihan.

Konsentrasi Pemerintah Kota Malang dalam menjamin keberlangsungan pendidikan bagi seluruh warganya melalui dengan berbagai program bantuan sarana prasarana baik bagi sekolah negeri maupun swasta dan juga bagi siswa – siswi di berbagai jenjang pendidikan merupakan faktor penilai yang dijadikan acuan kemendikbud dalam memberikan penghargaan kategori pengelolaan pendidikan terbaik di daerah.

“Dengan diberikannya penghargaan kategori pengelolaan pendidikan terbaik di daerah oleh kemendikbud ini semoga semakin memacu semangat serta melecut motivasi pada diri insan pendidikan Kota Malang untuk lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan pendidikan pada masyarakat ” tutup Zubaidah.

Terpisah, Wali Kota Malang, H. Moch Anton, mengaku cukup bangga dengan torehan prestasi dari Dinas Pendidikan. Menurut Abah Anton, berbagai upaya dalam memajukan dunia pendidikan tak lepas dari citra Kota Malang sendiri yang sudah dikenal masyarakat sebagai kota pendidikan.

“Program sekolah gratis adalah contoh keberpihakan pemerintah kepada dunia pendidikan,” kata Abah Anton.

Orang nomor satu di Kota Malang itu berharap Dindik Kota Malang terus bisa melakukan berbagai inovasi agar prestasi yang sudah diraih ini bisa ditingkatkan. “Inovasi perlu terus diupayakan agar dunia pendidikan kita bisa terus maju,” ungkap Abah Anton. (Sa)

 

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment