Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Sutiaji Kunjungi Desaku Menanti Bersama IAI Komisariat Malang Raya

Malang – Desaku Menanti adalah program dari Kementerian Sosial RI untuk mengentaskan masalah kemiskinan di Indonesia. Di Kota Malang, realisasi program ‘Desaku Menanti’ telah dilakukan pada bulan Maret 2016 lalu berupa pembangunan 40 rumah bagi eks gelandangan dan pengemis (gepeng).

Selasa (24/1) pukul 13.30 WIB, Wakil Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji beserta rombongan dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Komisariat Malang Raya menyempatkan diri untuk mengunjungi Kampung Desaku Menanti di Dusun Baran Kelurahan Tlogowaru Kecamatan Kedungkandang.

Di Kampung Desaku Menanti tersebut telah dibangun 40 rumah yang dihuni oleh mantan pemulung, pengemis dan pengamen. Menurut Sutiaji, dari 40 rumah tersebut; 35 rumah telah berpenghuni dan warga disana sudah mulai meninggalkan pekerjaan lamanya serta mencoba bekerja dengan mengandalkan keterampilan yang ada dibawah binaan Dinas Sosial Kota Malang.

“Tempat ini memang sudah dibangun dengan bagus; dan mereka juga telah hidup dengan layak, namun kita tetap harus memikirkan kelangsungan hidup mereka khususnya terkait dengan pembinaan keterampilan sampai dengan pemasaran produk-produk mereka selanjutnya” ujar Sutiaji.

Menurut Sutiaji, hal itu penting dilakukan agar mereka tidak kembali pada pekerjaan lama mereka.

Kedepan, Sutiaji akan berkoordinasi dengan akademisi dan pihak-pihak terkait untuk turut berperan serta dalam memberikan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat Desaku Menanti agar keterampilan warga Desaku Menanti juga terus meningkat yang bisa digunakan untuk bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

“Hal tersebut tercermin pada kegiatan kita hari ini, dimana IAI Komisariat Malang Raya ini turut serta kemari dalam rangka survei lokasi untuk pelaksanaan kegiatan mereka bulan depan; sekaligus memberikan bantuan berupa sembako dan makanan” tambah Sutiaji

Sementara itu, DR. Pudji selaku Ketua IAI Komisariat Malang Raya menyampaikan bahwa organisasi nya memiliki program kerja untuk mengabdi kepada masyarakat dan hal itu akan dilaksanakan secepatnya. “Bulan depan, kami para Akuntan berencana untuk turut serta membangun Kampung Desaku Menanti ini; kami berharap kami masih didampingi oleh Pemerintah Kota Malang, khususnya Dinas Sosial Kota Malang” bebernya. (Ts)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *