Berita TerbaruHeadline

Gandeng Kantor Pos, BP2D Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

MALANG — Gerak cepat dilakukan Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang di awal tahun 2017. Selain mengagendakan launching Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) Pajak Bumi & Bangunan (PBB) serta Sunset Policy Jilid II pada 18 Januari mendatang, satu lagi langkah inovatif kini tengah disiapkan SKPD yang sebelumnya bernama Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) tersebut.

Saat ini pihak BP2D tengah menjajaki kerjasama dengan Kantor Pos Malang dalam upaya optimalisasi pelayanan kepada masyarakat. Melalui kerjasama tersebut, diharapkan nantinya berbagai bentuk layanan BP2D dapat diakomodir oleh Kantor Pos, misalkan saja terkait pendistribusian administrasi surat menyurat, penyampaian SPPT PBB kepada Wajib Pajak hingga pembayaran PBB di cabang Kantor Pos terdekat.

Menurut Kepala BP2D Kota Malang, Ir H Ade Herawanto MT, wacana ini muncul sebagai salah satu upaya untuk memperpendek rentang kendali pelayanan kepada masyarakat. Karena saat ini Kantor Pos memiliki sekitar 50 cabang dan ratusan agen di seluruh wilayah Malang Raya.

“Sehingga nantinya proses pelayanan lebih cepat, mudah dan murah,” tutur pria yang akrab disapa Sam Ade d’Kross itu.

Gayung bersambut, pihak Kantor Pos pun mengaku siap menjalin kerjasama guna membantu kinerja efektif BP2D yang sekarang memiliki lima Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lima kecamatan Kota Malang.

“Pada prinsipnya kami siap mengakomodir program-program BP2D yang bisa disinergikan dengan produk layanan Kantor Pos,” ungkap Kepala Kantor Pos Malang, Dadang Budi Ganjaran didampingi Manajer Sarana; Syamsudin dan Manajer Penjualan; Anna Maria Ulfa saat diskusi di Kantor BP2D Kota Malang.

Bahkan rencananya, Kantor Pos Malang juga akan meluncurkan Perangko Identitas Milik Anda (PRISMA) edisi khusus Walikota Malang, HM Anton bersamaan dengan launching SPPT PBB dan Sunset Policy Jilid II, pekan depan. Foto Abah Anton akan menghiasi perangko edisi khusus yang dapat dimiliki oleh kalangan umum tersebut.

Sementara itu, ditempat terpisah, Walikota Malang, H. Moch Anton menyampaikan apresiasinya atas langkah cepat BP2D dalam berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di SKPD nya. “Peningkatan pelayanan publik di bidang pajak daerah merupakan salah satu pelayanan kepada masyarakat yang patut kita perhatikan; dan BP2D Kota Malang telah menunjukkan kerja kerasnya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada waga Kota Malang; salah satunya adalah dengan menggandeng Kantor Pos Malang ini” ujar pria yang kerap disapa Abah Anton tersebut. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *