Abah Anton : Kota Malang, Kota Kreatif Akan Sukseskan Gerakan Start Up 1000 Digital

Malang – Bertempat di gedung Widyaloka Universitas Brawijaya Malang pada hari Sabtu (19/11) telah dilaksanakan Seminar Ignition Gerakan 1000 Start Up Digital, yang diprakarsai oleh Direktorat E-Business Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Turut hadir pada kegiatan tersebut adalah Walikota Malang, H. Moch Anton, Rektor Universitas Brawijaya Malang, Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS, Serta Staf Khusus Menteri Kementerian Kominfo RI, Deddy Hermawan.

Seminar yang diikuti oleh 250 peserta anak muda di Kota Malang tersebut merupakan salah satu upaya dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dalam melanjutkan pencarian calon startup founder di Kota Malang. Setelah sebelumnya dilaksanakan di lima kota lainnya, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung dan Semarang.

Dalam sambutannya, pria yang kerap disapa Abah Anton tersebut menyampaikan bahwa semoga dengan terselenggaranya seminar ini mampu memberi motivasi bagi startup-startup digital Kota Malang untuk mengembangkan kreativitas dan memberikan karya terbaiknya.

“Saya sangat antusias dan menyambut positif digelarnya tahap demi tahap dari gerakan ini dan saya juga menghimbau kepada anak muda Kota Malang yang penuh kreativitas untuk ikut serta menjadi inovator melalui gerakan ini” ujar Abah Anton.

Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi, serta inovasi telah melahirkan bentuk aktivitas ekonomi kreatif. Sejalan dengan hal tersebut, indonesia memiliki peluang besar untuk melakukan transformasi dan penguatan struktur ekonomi melalui pengembangan ekonomi kreatif, yang saat ini sedang dikembangkan.

Potensi industri digital di Indonesia tidak dapat dipandang remeh. Saat ini sudah ada 71 juta pengguna smartphone dan 93,4 juta pengguna internet. Tingginya pengguna internet dan smartphone menjadi sebuah peluang yang sangat bagus untuk mengembangkan e-commerce dan bisnis berbasis teknologi digital.

Karena hal ini tidak saja semakin memudahkan para pemilik bisnis dan marketer membuat program-program yang dapat mempromosikan produk-produknya tersampaikan secara lebih personal dan cepat kepada para pelanggan; namun lebih dari itu, akan dapat menjadi sebuah potensi yang dapat memperluas lapangan kerja baru, sehingga mampu mengurangi tingkat pengangguran serta memberikan kontribusi terhadap peningkatan perekonomian di daerah dan nasional.

Sementara itu, Deddy Hermawan menyampaikan bahwa dengan menginisiasi gerakan nasional 1.000 start up digital ini kami berharap mampu melahirkan perusahaan rintisan yang berkualitas dan memberikan dampak positif bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi digital serta peningkatan kesejahteraan masyarakat maupun perekonomian daerah dan nasional.

Gerakan nasional 1000 startup digital merupakan sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mendirikan 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

Gerakan ini hadir di 10 kota di Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Malang, Makassar, Medan, Denpasar dan Pontianak. (Ts)

WhatsApp Image 2016-11-21 at 8.28.28 AM WhatsApp Image 2016-11-21 at 8.28.14 AM WhatsApp Image 2016-11-21 at 8.28.15 AM WhatsApp Image 2016-11-21 at 8.28.17 AM WhatsApp Image 2016-11-21 at 8.28.21 AM (1) WhatsApp Image 2016-11-21 at 8.28.21 AM WhatsApp Image 2016-11-21 at 8.28.22 AM

 

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment