Pemkab Konawe Kunjungi Malang Untuk Pelajari Penyusunan Laporan Kinerja Daerah

Malang ─ (17/11) Bertempat di Ruang Palapa Balaikota Malang telah dilaksanakan Orientasi Lapangan Penyusunan Laporan Kinerja Daerah Berbasis Teknologi Informasi Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini diterima oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Dr. Handi Priyanto, AP, M.Si. Rombongan Kabupaten Konawe dipimpin oleh Kepala Bidang Monitoring Evaluasi, Widya Sastrawati, S.STP, Bappeda Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 26 peserta dari Pemerintah Kota Malang dan Pemerintah Kabupaten Konawe.

Dalam sambutan Wali Kota, H. Moch. Anton yang disampaikan oleh Dr. Handi Priyanto, AP, M.Si, mengucapkan selamat datang kepada rombongan Pemerintah Kabupaten Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara atas kepercayaan yang diberikan untuk menjadikan Kota Malang sebagai tempat kegiatan kunjungan kerja.

Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur dengan luas wilayah kurang lebih 110 km² yang terbagi menjadi 5 wilayah kecamatan dan 57 kelurahan. Kota Malang juga memiliki motto tri bina cita yakni malang sebagai kota pendidikan, kota pariwisata dan kota industri.

Berkaitan dengan hal tersebut, berdasarkan Permenpan No. 53 Tahun 2014, tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja. Laporan kinerja merupakan bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi yang dipercayakan kepada setiap instansi pemerintah atas penggunaan anggaran. Hal terpenting yang diperlukan dalam penyusunan laporan kinerja adalah pengukuran kinerja dan evaluasi serta pengungkapan secara memadai hasil analisis terhadap pengukuran kinerja.

“Dalam meningkatkan kinerja Pemerintah Kota Malang, Kota Malang memiliki berbagai macam program unggulan, dan Bappeda yang menjadi ujung tombaknya. Bagaimana pemerintah itu dapat berperan sebagai fasilitator bagi masyarakat.” Ujar Handi.

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang senantiasa berupaya meningkatkan kinerjanya, mulai dari sistem perencanaan, sistem penganggaran, dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku; dan dituangkan dalam bentuk laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (lakip).

Sementara itu, Widya Sastrawati, S.STP menyampaikan rasa terimakasih atas diterimanya rombongan Pemerintah Kabupaten Konawe. Widya juga meyampaikan tujuan kedatangan rombongan Pemerintah Kabupaten Konawe ke Pemkot Malang adalah untuk mempelajari kinerja dari SKPD Pemerintah Kota Malang dalam membuat satuan kinerja daerah berbasis teknologi informasi. Acara dilanjutkan tukar-menukar cinderamata dan dialog interaktif. (Lr)

WhatsApp Image 2016-11-17 at 14.50.09 WhatsApp Image 2016-11-17 at 14.50.11 WhatsApp Image 2016-11-17 at 14.50.12 WhatsApp Image 2016-11-17 at 14.50.13 WhatsApp Image 2016-11-17 at 14.50.17

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment