Abah Anton Sebagai Walikota Pertama di Jawa Timur yang Dinobatkan Sebagai Pendekar Kehormatan IPSI

Malang – Atas dedikasinya dalam mendorong dan berperan aktif di dunia olahraga silat, Walikota Malang, H. Moch Anton pada Senin malam (3/10) di halaman depan Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Malang telah dinobatkan sebagai Pendekar Kehormatan IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).

Pria yang kerap di sapa Abah Anton itu menerima penganugerahan dari komunitas perguruan silat di bawah naungan IPSI karena dinilai sebagai sosok yang pandai, mengatur, menata awak serta mengorangkan orang. “Selain itu, terpilihnya Abah Anton sebagai Pendekar Kehormatan, juga karena dinilai sebagai sosok yang menginspirasi dan merupakan masukan dari masyarakat serta kesepakatan dari 11 perguruan pencak silat” ujar Ketua IPSI Kota Malang Ir Nono suhertono.

Nono Suhertono juga menambahkan bahwa nantinya sosok Abah Anton diharapkan mampu mengilhami banyak orang serta dapat disegani oleh para atlet.

Disisi lain, Abah Anton dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas penganugerahan gelar tersebut; kedepan Abah berharap agar keberadaan olahraga pencak silat di Kota Malang dapat terus berkembang dan menelurkan bibit-bibit atlet. “IPSI Kota Malang harus dapat memberikan pembinaan kepada generasi muda dan meningkatkan semangat berkompetisi dalam diri atlet” tegas Abah.

“Pada dasarnya sensi silat adalah etika, berbicara tentang baik buruk, logika, berbicara tentang benar dan salah, serta estetika, perpaduan etika dan logika sehingga memunculkan unsur seni, keindahan dan hiburan” tambah Abah.

Dengan penganugerahan tersebut, Abah Anton menjadi satu-satunya Walikota Se Jawa Timur yang menerima gelar sebagai Pendekar Kehormatan IPSI.

Gelar pendekar bukanlah gelar sembarangan;
tapi merupakan penganugerahan tertinggi suatu perguruan silat. Bagi masyarakat silat, pendekar merupakan sosok panutan, dan kebanggaan, sehingga dg kesepakatan dari seluruh perguruan silat di kota malang, abah anton diharapkan menjadi pengayom dan figur pemersatu serta membawa kemajuan dalam olahraga silat.

“Ke depan, penguatan figur sebagai abah pendekar akan senantiasa disampaikan dalam forum dan kegiatan persilatan di kota malang, sehingga menginspirasi pesilat2 muda” tambah H. Parso Adiyanto, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan.(Ts)

WhatsApp Image 2016-10-04 at 07.44.53 WhatsApp Image 2016-10-04 at 07.44.52

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment