Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Dinas Pasar Kembalikan Pedagang dari Pasar Merjosari ke Pasar Dinoyo

Malang – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pasar, bakal mengembalikan lokasi berjualan pedagang dari tempat penampungan sementara pedagang pasar di Merjosari menuju Pasar Dinoyo.

Keputusan itu, menyusul kondisi Pasar Dinoyo yang sudah selesai dibangun serta akan mengembalikan fungsi semula lahan di Merjosari yang selama ini dipakai berjualan pedagang pasar.

Dinas Pasar Kota Malang dalam menindaklanjuti perpindahan pedagang itu, sudah melakukan pertemuan dan rapat koordinasi dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), beberapa waktu lalu, dan semua pihak sepakat jika Pasar Dinoyo harus diaktifkan kembali untuk berjualan pedagang, demi terciptanya roda perekonomian yang baik.

“Beberapa hari lalu kita sudah melakukan rapat bersama unsur Forkopimda untuk prakondisi sebelum pedagang pindah ke Pasar Dinoyo,” kata Kepala Dinas Pasar, Wahyu Setiyanto.

Sebelum bertemu dengan Forkopimda, Wahyu juga sudah mengajukan surat yang berisi permintaan pencabutan Peraturan Wali Kota (Perwal) Tentang Penetapan Tempat Penampungan Sementara Pasar Merjosari sebagai Pasar Tradisional kepada Bagian Hukum Pemkot Malang, untuk dasar hukum mengembalikan lahan di Merjosari sebagai permukiman dan tidak lagi dipakai untuk tempat penampungan sementara pedagang.

“Kalau sudah ada pencabutan Perda maka kawasan Pasar Merjosari saat ini akan dikembalikan seperti fungsi semula yakni permukiman,” imbuhnya.

Wahyu menegaskan, jika pedagang di Merjosari sudah sepakat pindah ke Pasar Dinoyo yang dijadwalkan pada bulan ini.

Dinas Pasar hingga saat ini terus melakukan sosialisasi kepada pedagang yang masih berjualan di Pasar Merjosari agar segera pindah ke Pasar Dinoyo.

Dalam rangka sosialisasi, pihak Dinas Pasar melakukan pemasangan spanduk sebagai bentuk pemberitahuan kepada pedagang dan juga nanti akan dipasang pagar seng.

Sementara itu Wali Kota Malang, H.Moch Anton berharap agar perpindahan pedagang bisa segera direalisasi, sehingga nantinya berdampak positif pada meningkatnya pendapatan bagi para pedagang Pasar Dinoyo.

“Pasar Dinoyo saat ini sudah selesai dibangun dan diharapkan bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat,” Kata Abah Anton. (Sa)

WhatsApp Image 2016-09-26 at 8.20.43 AM WhatsApp Image 2016-09-26 at 8.20.42 AM (1) WhatsApp Image 2016-09-26 at 8.20.39 AM (5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *