Abah Anton Jadi Irup Di Upacara Bendera Di Lapas Kelas I Lowokwaru Malang

Malang – Rabu (17/8) bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Klas I Lowokwaru Malang telah dilaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dan Penyerahan Remisi Umum Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Walikota Malang, H. Moch Anton atau yang biasa di sapa sebagai Abah Anton.

Pada Upacara tersebut, diserahkan Remisi Umum Bebas Sebagian kepada 1.353 orang Napi dan Remisi Umum Bebas Keseluruhan kepada 63 orang Napi.

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM yang dibacakan Abah Anton, menyampaikan bahwa salah satu hak yang dimiliki oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) adalah hak mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana (remisi), yang diharapkan dapat mempercepat proses kembalinya narapidana dalam kehidupan berkeluarga maupun  bermasyarakat, agar mereka  dapat melanjutkan kehidupannya secara normal dan mampu mengemban tanggung jawab yang ada di pundak masing-masing, baik sebagai anak, orang tua, maupun anggota masyarakat, sehingga akan tercapai tujuan dari sistem pemasyarakatan.

Pada kesempatan ity pula, disampaikan tentang pemberitaan yang mensinyalir Lapas dan Rutan sebagai tempat peredaran dan penyalahgunaan narkoba, dengan melibatkan oknum pegawai  yang terlibat sebagai kurir dari bandar narkoba sekaligus adanya pernyataan Indonesia Darurat Narkoba, maka diharapkan untuk melakukan langkah-langkah pemberantasan narkoba yang lebih gencar, berani, komprehensif, dan dilakukan secara terpadu.

Untuk mendukung program pencegahan dan pemberantasan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di dalam lapas dan rutan, Menkumham telah mengeluarkan instruksi nomor M.HH- 02.OT.03.01 tahun 2016 tentang penanganan terhadap penyalahgunaan narkoba di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, dan implementasi surat edaran Menkumham nomor M.Hh- 01.Pk.01.06.10 tahun 2016 dalam upaya mewujudkan zero narkoba dan handphone.

Sebagai komitmen pemerintah dalam upaya pemberdayaan WBP, dalam hal ini Kementerian Hukum dan HaM terus berinovasi dengan mencanangkan program lembaga pemasyarakatan produktif menuju Lapas industri.

Sementara itu, Abah Anton menyampaikan bahwa kehadirannya di Lapas tersebut selain untuk memberikan motivasi dan semangat bagi WBP juga untuk menyerahkan remisi yang setiap tahun selalu diberikan. ” moment ini memang akan sangat dinanti – nanti oleh warga binaan, untuk itu saya ucapkan selamat, khususnya bagi warga binaan yang bebas hari ini” ujar Abah.

Di akhir acara, Abah Anton pun menyempatkan untuk melihat perlombaan gebuk bantal dan panjat pinang oleh warga binaan. (Ts)

WhatsApp Image 2016-08-18 at 7.52.01 AM WhatsApp Image 2016-08-18 at 7.51.59 AM WhatsApp Image 2016-08-18 at 7.51.58 AM WhatsApp Image 2016-08-18 at 7.51.56 AM

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment