SAMBUTAN WALIKOTA MALANG PADA UPACARA BENDERA HUT KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE – 71

SAMBUTAN WALIKOTA MALANG
PADA UPACARA BENDERA HUT KEMERDEKAAN
REPUBLIK INDONESIA KE – 71
TANGGAL, 17 AGUSTUS 2016

BISMILLAHIRROHMANIRROHIIM
ASSALAMU’ALAIKUM WA ROHMATULLAHI WA BAROKATUH
SELAMAT PAGI DAN SALAM SEJAHTERA

PARA PINISEPUH, VETERAN, KELUARGA PEJUANG, KELUARGA BESAR TNI/POLRI, AKADEMISI, GURU DAN WARGA KOTA MALANG YANG SAYA CINTAI SERTA SAYA BANGGAKAN
TERLEBIH DAHULU MARILAH KITA BERSAMA SAMA MEMANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SUBHANAHU WATA’ALLA, TUHAN YANG MAHA BESAR, ATAS LIMPAHAN RAHMAT DAN HIDAYAH-NYA, PADA HARI INI TANGGAL 17 AGUSTUS 2016, KITA DAPAT MEMPERINGATI HARI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA YANG KE-71.

PADA TANGGAL 17 AGUSTUS 1945, ATAU TEPATNYA 71 TAHUN YANG LALU, TERJADI SUATU PERISTIWA YANG SANGAT PENTING ARTINYA BAGI BANGSA INDONESIA, YAKNI DIPROKLAMASIKANNYA KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA OLEH BUNG KARNO DAN BUNG HATTA, YANG SEKALIGUS MENEGASKAN BAHWA INDONESIA ADALAH NEGARA YANG BERDAULAT, SEJAJAR DENGAN BANGSA-BANGSA LAIN DI DUNIA.

TENTU, MENGIRINGI UNGKAPAN RASA SYUKUR KITA DI HARI YANG BERBAHAGIA INI; HARUS JUGA KITA IKUTI SELALU DENGAN SEBUAH RENUNGAN SECARA MENDALAM. SUDAH SEJAUH MANA KITA MAMPU MEMBERIKAN KARYA TERBAIK KEPADA BUMI PERTIWI INI. ADAKAH CITA-CITA KEMERDEKAAN TELAH MAMPU KITA WUJUDKAN SECARA HAKIKI.

SAUDARA-SAUDARA SEKALIAN,
INDONESIA, NEGERI YANG INDAH DAN MEMPESONA. NEGERI YANG KAYA AKAN ALAM FLORA DAN FAUNANYA. SERTA NEGERI YANG BERLIMPAH KEBUDAYAANNYA TERMASUK SUKU BANGSA YANG BERBEDA DARI SABANG SAMPAI MERAUKE. DENGAN BANYAKNYA SUKU BANGSA TERSEBUT AKAN MEMBUAT CIRI KHAS DAN BUDAYA ANTARA SATU DAERAH BERBEDA DENGAN DAERAH LAINNYA. MESKI BEGITU, TIDAK MENYEBABKAN PERPECAHAN KARENA TINGGINYA RASA TOLERANSI DAN KEBERSAMAAN UNTUK DAPAT HIDUP BERDAMPINGAN.

RAKYAT INDONESIA HIDUP RUKUN SEJAK DAHULU TERLEBIH KETIKA MASA PENJAJAHAN, DIMANA PENDERITAAN YANG SANGAT DAHSYAT DIRASAKAN OLEH SEMUA ORANG. RASA SENASIB SEPENANGGUNGAN ITU PUN MENIMBULKAN PERSATUAN. TIDAK ADA LAGI YANG MEMBEDA-BEDAKAN SUKU MAUPUN AGAMA. SEMUA ORANG SALING TOLONG-MENOLONG DAN BERSATU MELAWAN PENJAJAH. PERJUANGAN DILAKUKAN MELALUI JALUR FISIK DAN KEKUATAN SERTA JALUR DIPLOMASI YANG MENGUTAMAKAN PERDAMAIAN. ITU SEMUA DILAKUKAN DEMI TERBEBASNYA INDONESIA DARI GENGGAMAN IMPERIALISME. PARA PAHLAWAN TETAP BERJUANG SEPENUH HATI WALAU JUMLAH MEREKA YANG GUGUR TIDAK TERHITUNG.

SEMANGAT MEREKA TIDAK PERNAH PADAM. HANYA SATU KATA YAITU MERDEKA YANG SELALU ADA DALAM HATI DAN PIKIRAN MEREKA. BAHKAN KEMATIAN TIDAK DAPAT MENAKUTI MEREKA. MEREKA PUN TERUS BERJUANG HINGGA AKHIRNYA KEMERDEKAAN TIBA TEPATNYA KETIKA PROKLAMASI DIBACAKAN PADA TANGGAL 17 AGUSTUS 1945. SELURUH ORANG MERASAKAN KEGEMBIRAAN YANG TAK TERTAHANKAN PADA SAAT ITU. HARI ITU MERUPAKAN HARI YANG SANGAT BERARTI DAN TIDAK AKAN TERLUPAKAN BAGI SELURUH BANGSA INDONESIA.

TAK TERASA SUDAH TUJUH PULUH SATU TAHUN LAMANYA, INDONESIA TERBEBAS DARI BELENGGU PENJAJAHAN. INDONESIA MENJADI NEGARA YANG MERDEKA SEPENUHNYA. TAHUN INI, DENGAN MENGAMBIL TEMA “INDONESIA KERJA NYATA”, PERINGATAN HUT KE 71 TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA, DIHARAPKAN SELURUH MASYARAKAT INDONESIA DAPAT MEWUJUDKAN SEMANGAT KEMERDEKAAN DENGAN TERUS BEKERJA KERAS, BEKERJA SECARA NYATA UNTUK MEMBANGUN NEGARA INDONESIA.

PUN DEMIKIAN DI KOTA MALANG, MELALUI PERINGATAN 71 TAHUN KEMERDEKAAN RI INI, KITA TINGKATKAN KEBERSAMAAN DAN SOLIDARITAS ANTAR SESAMA WARGA BHUMI AREMA UNTUK TERUS BEKERJA MEMBANGUN KOTA MALANG MENJADI KOTA YANG BERMARTABAT.

BERBAGAI RANGKAIAN PRESTASI YANG TELAH KITA RAIH HARUS TERUS KITA SYUKURI. NAMUN, KITA JUGA TIDAK BOLEH TERLENA, MASIH BANYAK TUGAS YANG HARUS KITA KERJAKAN DEMI MEMBANGUN KOTA MALANG. TUGAS TERSEBUT BUKAN HANYA MENJADI TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH KOTA MALANG, MELAINKAN JUGA MENJADI TANGGUNG JAWAB KITA BERSAMA.

ATAS RAGAM PRESTASI ITU PULA, SAYA MENYAMPAIKAN TERIMA KASIH SERTA PENGHARGAAN YANG TULUS KEPADA SEGENAP WARGA KOTA MALANG. KARENA ITU SEMUA, MAMPU DIRAIH SEMATA KARENA PARTISIPASI, DUKUNGAN SERTA KEBERSAMAAN KITA SEMUA.

TENTU SAYA BERHARAP, PRESTASI SEPERTI ITU TERUS MAMPU DIPERTAHANKAN DAN DITINGKATKAN SELALU. KERJA NYATA HARUS TERUS KITA LAKUKAN SECARA BERKELANJUTAN.

MEWUJUDKAN GENERASI MUDA KOTA MALANG YANG KREATIF, INOVATIF DAN BERMARTABAT MENJADI KERJA NYATA YANG HARUS KITA WUJUDKAN BERSAMA.

MARILAH BERBAGAI LANGKAH UNTUK MEWUJUDKAN HAL TERSEBUT TERUS DIPERKUAT DENGAN MEMFASILITASI ANAK-ANAK DIDIK KITA AGAR BAKAT DAN KEMAMPUANNYA DAPAT TERALIRKAN SEBAGAIMANA MESTINYA.

DALAM KERJA NYATA, KITA JUGA HARUS TERUS TANAMKAN PULA KECINTAAN UNTUK MELAKUKAN PEMELIHARAAN, PERAWATAN SERTA MENJAGA APA YANG TELAH TERTATA DENGAN BAIK. SAMA HALNYA DENGAN KEMERDEKAAN YANG TELAH TERRAIH, HARUS MAMPU DIPERTAHANKAN DENGAN SEBAIK-BAIKNYA.

AKHIRNYA, MARI KITA SANDARKAN SELALU LANGKAH KITA PADA BIMBINGAN SERTA PERTOLONGAN ALLAH, TUHAN YANG MAHA BESAR. KITA LETAKKAN KERJA KITA DALAM BALUTAN LANGKAH IKHTIAR, SYUKUR, IKHLAS DAN SABAR. SERTA KITA KUATKAN SELALU DENGAN NILAI KEKELUARGAAN, KEBERSAMAAN, KEGUYUBAN DAN KEGOTONG ROYONGAN.

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA.
WA BILLAHI TAUFIK WAL HIDAYAH
WASSALAMU’ALAIKUM WA ROHMATULLAHI WA BAROKATUH

WALIKOTA MALANG
H. MOCH. ANTONWhatsApp Image 2016-08-15 at 15.15.45 WhatsApp Image 2016-08-15 at 15.16.09

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment