Kirab Adipura Kirana Mengusung Tematik Edukatif Kendaraan Hias

Malang – Bukti bahwa Malang adalah Kota sejuta prestasi mungkin tidaklah salah. Berbagai prestasi di segala bidang telah sanggup ditorehkan oleh kota yang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur itu. Kali ini, Piala Adipura Kirana pun telah sampai di Kota Malang. Atas kebanggaan tersebut, pada hari Minggu (30/7) besok akan dilaksanakan Kirab Penghargaan Adipura kirana 2016.

Kirab yang akan mengambil start di Jl. Ijen dan berakhir di depan kantor DPRD Kota Malang tersebut, akan diikuti oleh Walikota Malang, H. Moch Anton, Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Dewi Farida Suryani dan forkopimda Kota Malang serta seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang.

Selain Piala Adipura Kirana, berbagai raihan prestasi lainnya pun akan turut meramaikan kirab esok; seperti Plakat Adipura bagi Taman Terbaik Nasional untuk Kategori Kota Besar, Penghargaan Kalpataru Kategori Perintis Lingkungan, penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi serta penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM tahun 2016.

“Penghargaan ini, sebagai bukti pengakuan dari pemerintah pusat kepada Kota Malang yang dinilai berhasil mewujudkan tata kelola lingkungan dan taman yang bersih” tutur Abah Anton, demikian sapaannya. “Untuk itu, saya berharap dengan adanya kirab kali ini, dapat semakin memotivasi masyarakat agar terus meningkatkan kepeduliannya kepada lingkungan, agar masyarakat juga dapat berbangga hati atas piala adipura kirana ini” tambahnya.

Pada kirab adipura besok juga akan di tampilkan beberapa kesenian dan kendaraan hias yang sengaja disisipkan agar kirab yang dilangsungkan tidak saja sekedar perayaan belaka, namun lebih dari itu, juga terdapat sisi edukasi bagi masyarakat seperti pengenalan beberapa tarian dan kesenian tradisional lainnya serta pola perilaku hidup bersih dan sehat, dan pasar rakyat menuju pasar bersih.

“Berbagai elemen masyarakat pun akan turut serta pada kirab ini, hal ini dikarenakan raihan piala adipura ini juga merupakan peran serta aktif seluruh masyarakat di Kota Malang” jelas Abah.

Turut menyemarakkan pula, berbagai atraksi dan tarian pada kirab tersebut; diantaranya yaitu tarian cucuk lampah, atraksi kesenian barongsai, penampilan drumband serta tarian masal grebek sambrang.

Setelah di kirab, Piala Adipura Kirana akan di bawa ke Balaikota Malang untuk diserahkan kepada Ketua DPRD Kota Malang. (Ts)

 

0e4880f6-88b4-4df9-b5d7-beb4a3d3caa1 f6af3781-5044-4f12-bd15-b1ede8be5ec0

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment