Abah Anton Resmikan Swalayan Ikan Kota Malang

kl t sj k cDalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya akan Ikan Segar, Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pertanian Kota Malang membangun Swalayan Ikan Kota Malang. Acara ini di hadiri oleh Walikota Malang, Kepala Dinas Pertanian Kota Malang, Perwakilan dari Dinas Perikanan Jawa Timur, serta seluruh tamu undangan yg berjumlah 100 orang.

Swalayan Ikan yang diresmikan Walikota Malang, H. Moch Anton pada hari jumat (20/5) di Jalan Sarangan (Pasar Tawangmangu), Tepatnya di Gedung Benih Ikan. “Selain di latar belakangi  program kerja dari Dinas Pertanian Kota Malang, Swalayan Ikan dibangun berdasarkan tingkat konsumsi ikan di Kota Malang yang terus meningkat” ungkap Ir. Hadi Santoso atau yg akrab di sapa Pak Soni.

“Ini merupakan suatu kebanggan bagi Kota Malang karena Swalayan Ikan ini merupakan satu – satu nya di Kota Malang dan khususnya bagi warga Kota Malang yg berada di Samaan mudah – mudahan dengan hadirnya Swalayan Ikan ini mampu menjadi project bagi warga malang yang nantinya bisa bermunculan swalayan ikan dimana – mana. ” ungkap Abah Anton.

Swalayan Ikan yang memiliki luas 132M² tersebut telah dilengkapi dengan sarana frezzer sebanyak 3 unit dan showcase sebanyak 4 unit yang mampu menampung 4.659 kg ikan segar dalam bentuk filled.

Swalayan yang rencananya akan beroperasi mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB ini, diharapkan akan meningkatkan tingkat konsumsi ikan di Kota Malang. Di mana dari data yang ada, pada tahun 2014 sebesar 24,93 Kg / kapita / tahun dan pada tahun 2015 sebesar 25,5 Kg / kapita / tahun.

Sementara itu, pada tahun 2016 ini, Pemerintah Kota Malang melalui  Dinas Pertanian Kota Malang akan menargetkan tingkat konsumsi ikan pada masyarakat mencapai 27 Kg / Kapita / tahun. ” harapannya dengan kenaikan target tersebut, maka akan semakin menggerakkan usaha budidaya ikan di Kota Malang dalam skala yang lebih besar” ujar Abah Anton, demikian biasa di sapa.

Swalayan Ikan yang nantinya akan dikelola oleh PT. Kelola Mina Laut tersebut akan menjalin kemitraan dengan kelompok pembudidaya ikan di Kota Malang, sehingga dengan kemitraan tersebut dapat memberikan peluang usaha yang cukup besar bagi 280 pembudidaya ikan dan 42 pengolah hasil perikanan di Kota Malang, yang sudah melakukan MOU yang berlangsung secara bersamaan dengan peresmian Swalayan Ikan. Selain itu juga diselingi dengan serah terima kartu sertifikasi secara simbolis terhadap JULIHA “Juru Sembelih Halal” yang telah melakukan diklat yang diadakan oleh Dinas Pertanian Kota Malang sebagai tanda memiliki sertifikat sebagai JULIHA. (Ts/ed)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment