SISTEM APLIKASI MASYARAKAT BERTANYA TERPADU (SAMBAT )

Bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-108 tahun 2016 Jumat (20/05) yang mengusung tema “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional Dengan Mewujudkan Indonesia Yang Bekerja Nyata Mandiri dan Berkarakter” Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika melakukan sebuah terobosan dalam menangani pengaduan publik meluncurkan saluran pengaduan melalui SMS yang diberi nama Sistem Aplikasi Masyarakat Bertanya Terpadu ( SAMBAT ) online Pemerintah Kota Malang.

Sistem Aplikasi Masyarakat Bertanya Terpadu ( SAMBAT ) online Pemerintah Kota Malang merupakan bentuk kerja nyata pemerintah Kota Malang dalam memperhatikan dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang menjadi tanggung jawab pemerintah Kota Malang. Diambil dari istilah bahasa jawa, sambat yang artinya mengeluh. Aplikasi ini memang merupakan media keluh kesah warga. Melalui aplikasi ini kami berharap sambat yang selama ini berkonotasi negatif dapat bermetamorfosis menjadi sambatan yang positif, yaitu penyampaikan keluhan yang terarah. objektif, dan disertai dengan data dan fakta.

SAMBAT version 1 adalah aplikasi berbasis pesan pendek (short messages service) yang berfungsi untuk menerima pengaduan masyarakat melalui sms ke nomor 081333784444. SMS pengaduan yang diterima oleh operator akan diteruskan langsung ke SKPD terkait, permasalahan yg diadukan tersebut untuk dipelajari dan dicarikan solusi penanganannya.

Sistem aplikasi ini di launching oleh Walikota Malang H.Moh.Anton dalam upacara Hari Kebangkitan Nasional secara simbolis dengan membunyikan sirine dan menyaksikan pengoperasian Sistem Aplikasi Masyarakat Bertanya Terpadu ( SAMBAT ) online. “bagaimanapun masukan dan kritikan ini sebagai bahan dasar kita dalam melaksanakan pemerintahan” tambah abah. Adapun cara kirim sambatan melalui sms yaitu dengan cara ketik : Sambat[spasi]isi pengaduan/saran/kritik Kirim ke 081333471111.(fin)IMG_1473 IMG_1476 IMG_1479 IMG_1488

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment