PENJURIAN LOMBA INOTEK 2016

Dalam rangka meningkatkan percepatan pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) melalui penggalian inovasi teknologi dan sumber daya IPTEK, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Malang melaksanakan Lomba Inovasi Teknologi Kota Malang Tahun 2016 mulai tanggal 7 Maret 2016. Dan saat ini telah sampai pada tahap penjurian kedua yang dilaksanakan mulai tanggal 17-20 mei 2016 bertempat di Kantor BAPPEDA Kota Malang.

Dra. Rukayah M.Si, Kabid Litbang BAPPEDA menjelaskan bahwa lomba ini gratis tanpa dipungut biaya. Dari 64 proposal untuk semua kategori bidang inovasi (agribisnis, Energi, TIK, dan Lingkungan Hidup) yang masuk sebagai pendaftar, selanjutnya dilakukan tahap penjurian awal yang nantinya akan ditetapkan oleh dewan juri sebagai proposal terpilih untuk dipresentasikan di forum FGD. Proposal terpilih/nominator terdiri dari : Bidang Agribisnis dengan 10 nominator, Bidang Lingkungan Hidup dengan 10 nominator, Bidang Energi dengan 5 nominator, dan Bidang TIK dengan 12 nominator. Peserta lomba adalah individu atau kelompok/tim. Peserta kelompok maksimal terdiri dari 5 orang dan hanya diperbolehkan mengikutsertakan 1 bidang inovasi yang akan dilombakan. Lomba ini diperuntukan bagi seluruh warga masyarakat Kota Malang serta inovasi yang dilombakan belum pernah mendapatkan juara dalam lomba manapun.

Salah satu nominator Bidang Energi, Hasan menyampaikan bahwa inovasinya berjudul POTRET ”Polisi Tidur Penghasil Energi Terbarukan sebagai sumber energi penerangan jalan umum di perkotaan” . Bersama ketiga rekannya membawa alat peraga yang cukup besar untuk di demonstrasikan di hadapan juri. Hasan beserta timnya berharap kerja kerasnya dapat membuahkan hasil inovasi yang berguna untuk masyarakat perkotaan khususnya Kota Malang.

“Melalui lomba ini diharapkan dapat merangkul semua para inovator di Kota Malang, baik yang berbasis grass roots maupun yang berbasis riset dan teknologi” tegas Rukayah.

Drs. Wasto, SH, MH, selaku Kepala Bappeda Kota Malang menyampaikan bahwa total hadiah jutaan rupiah telah disiapkan untuk para pemenang. 10 Juni untuk pengumuman pemenang dan diakhiri pameran karya dan Penganugerahan Inovasi Teknologi Kota Malang. (ike)

WhatsApp-Image-20160518 (1) WhatsApp-Image-20160518 IMG_1203 IMG_1215 IMG_1244

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment