Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca Tahun 2016

WhatsApp-Image-20160510(4) WhatsApp-Image-20160510(3) WhatsApp-Image-20160510(2) WhatsApp-Image-20160510 (3)WhatsApp-Image-20160510 (4)Malang, 10 Mei 2016 bertempat di Hotel Kartika Graha telah diadakan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca yang bertemakan Membangun Karakter Bangsa Melalui Gemar Membaca dengan Memberdayakan Perpustakaan yang dihadiri Assistan 3  Yudhi K. Ismawardi, SH, M.Hum Komisi 10 DPR RI Dra. Hj. Latifah Shohib , dan Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Drs. Muh Syarif Bando, MM. Acara yang dibuka dengan Tari Bapang tarian tradisional khas Malang  disambut dengan antusias oleh perwakilan pustakawan Jawa Timur serta pelajar dan mahasiswa se Kota Malang.

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Drs. Muh Syarif Bando, MM Menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia lokal dan pusat atas partisipasinya dalam menyelenggarakan acara ini. Dalam sambutannya beliau berpesan untuk para guru atau dosen agar tidak memberikan Absensi tidak hadir tanpa keterangan pada siswa ataupun mahasiswa mereka hanya karena berkunjung ke perpustakaan, museum ataupun ketika menghadiri acara workshop, Bahkan dosen dan gurupatut memberikan nilai tambahan bagi siswa dan mahasiswa.

“Tahun 2016 anggaran perpustakaan naik sekitaR 50 % dari sekitar 470 Milyar menjadi 750 Milyar, sebetulnya Komisi 10 DPR RI Menginginkan 1 Triliyun dan itu akan diperjuangkan di APBNp tetapi saat ini ada kabar bahwa ada pemotongan.” tegas Dra. Hj. Latifah Shohib.

“Saya berharap kantor perpustakaan hendaknya senantiasa  melakukan pembinaan dengan mengeluar-kan berbagai program dan aktivitas pengembangan minat baca yang menunjang seperti : promosi perpustakaan dan minat baca, kampanye pengumpulan buku bekas, penyediaan layanan membaca di  berbagai tempat, lomba perpustakaan, lomba mem-baca,  pengkajian minat baca masyarakat, dan lainnya, sehingga nantinya dapat menarik perhatian masyarakat untuk datang dan mengakses berbagai referensi yang dibutuhkan; dengan satu harapan nantinya dapat membentuk generasi yang berkarakter memiliki minat, gemar membaca dan timbul sebuah kebiasaan, yang pada akhirnya, apabila kebiasaan ini terus berlanjut secara turun temurun, maka akan menuju pada budaya baca” tambah Abah Anton dalam sambutannya yang dibacakan oleh Yudhi K. Ismawardi, SH, M.Hum selaku Assistan 3.
Acara dilanjutkan dengan Talkshow dan tanya jawab. Talkshow diisi oleh beberapa narasumber yang salah satunya  dari Komisi 10 DPR RI Dra. Hj. Latifah Shohib. (fin)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment