Wawali Sutiaji Apresiasi Pawai Budaya yang Digelar Warga Banyuwangi

Malang – Ikatan Mahasiswa Banyuwangi (Ikamaba), Jum’at (29/4) sore, menggelar pawai budaya bertajuk “Kampung Budaya Bumi Nusantara” di Taman Krida Budaya Jawa Timur (TKBJ).

Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji, hadir membuka acara ini, mewakili Wali Kota Malang, HM Anton yang sedang berada di luar kota.

Dalam sambutannya, Sutiaji, mengaku menyambut baik apa yang dilakukan para mahasiswa itu sebagai upaya memelihara budaya Indonesia di tengah arus modernisme dan westernisasi akibat dari keterbukaan informasi.

“Pemerintah Kota Malang menyambut positif, para mahasiswa yang sudah berinisiatif menggelar acara ini,” kata Sutiaji.

Dijelaskannya, jati diri bangsa Indonesia tidak boleh terkoyak dengan berbagai budaya dari luar negeri yang lambat laun merangsek dalam kehidupan warga. “Ikatan Keluarga besar Banyuwangi membawa inspirasi, bagaimana kita tetap bisa maju, tetapi bisa mengejawantahkan Bhinneka Tunggal Ika,” tukasnya.

Pemkot Malang juga berharap gedung TKBJ bisa dimanfaatkan warga Jawa Timur yang ada di Malang karena pada dasarnya gedung itu bukanlah dikelola Pemkot melainkan Pemrov Jatim.

“Kita hanya ketempatan lokasi saja, jadi mudah-mudahan banyak acara seperti ini yang bisa merekatkan persatuan bangsa dan juga memelihara kebudayaan kita,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Ikamaba, Rinas Khirlambang, menegaskan jika tujuan acara ini adalah untuk memperkuat budaya nusantara. “Acara ini adalah bentuk aktualisasi budaya dimana mahasiswa¬† tidak hanya bisa berprestasi dalam bidang akademik tapi juga berprestasi di bidang budaya,” kata Rinas.

Ia berharap,  Pemerintah bisa memfasilitasi para pecinta budaya dengan cara memanfaatkan dengan baik gedung TKBJ tersebut.  (Sa).

WhatsApp-Image-201605021(1) WhatsApp-Image-201605021 WhatsApp-Image-20160502(4)WhatsApp-Image-201605022

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment