Perkuat Otonomi Daerah dengan Membangun Dari Daerah

19 3abah jakarta 19 2abah jakarta 19 4abah jakarta 19 5abah jakarta 19 8abah jakarta 19 7abah jakarta

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN), Selasa (19/4), mengadakan seminar bertajuk Memperkuat Otonomi Daerah: Membangun Indonesia dari Daerah” di Aula Lantai 2 Gedung LAN, Jakarta.

Dalam kesempatan ini Wali Kota Malang, HM Anton, didaulat menjadi narasumber yang akan memaparkan inovasi Pemerintah Kota Malang dalam rangka Otonomi Daerah selama ini.

Selain Wali Kota Malang, beberapa kepala daerah lain, seperti Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie, Bupati Bantaeng, Nurdi Abdullah, juga memaparkan inovasi yang ada di daerahnya dalam momen yang sangat bergengsi itu.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono, mengatakan kekuatan daerah, saat ini menjadi hal yang patut dipertimbangkan karena sesuai dengan program Nawa Cita Presiden RI Joko Widodo, dimana membangun Indonesia harus dari pinggiran, yang notabenenya dimulai dari daerah.

Ia menjelaskan adanya pergeseran dari pembangunan di daerah sebagaimana yang terjadi pada masa orde baru menuju pembangunan dari daerah atau  daerah membangun pada era saat ini, makin memperkuat peran daerah dalam inisiatif membangun. “Kalau membangun di daerah, suka atau tidak suka semua standard dari daerah,” kata Sumarsono.

Lahirnya paradigma baru daerah membangun, pemerintah pusat memberikan fasilitasi norma standard prosedur dan daerah harus memiliki peran kuat sehingga harapannya pergeseran daerah membangun bisa diwujudkan dalam praktik sehari-hari. “Selain itu perlu membangun tata kelola pemerintahan yang baik dan efektif, terpercaya dan kooperatif seperti apa, ini yang harus ditegakkan,” tukasnya.

Ketua Panitia Acara, Dr. Adi Suryanto, dalam sambutannya mengatakan seminar ini cukup istimewa, karena selain menghadirkan beberapa kepala daerah yang menjadi peserta seminar. Seminar ini, juga menjadi ajang berbagi ide baik dari pemerintah pusat maupun dari pemerintah daerah.

“Bahwa membangun Indonesia tidak bisa dari pusat tapi harus bertumpu dari daerah,” kata Adi Suryanto dalam paparannya.

Dalam kesempatan itu, Adi Suryanto juga memuji inovasi yang dilakukan Wali Kota Malang, Abah Anton dalam membangun Kota Malang sehingga dalam perjalanannya bisa menjadi lebih baik lagi

“Dalam kesempatan ini ada Wali Kota Malang, Abah Anton, yang jadi narasumber, sosok yang memiliki daya saing sehingga Kota Malang jadi lebih baik,” tukasnya.

Wali Kota Malang, Abah Anton dalam seminar prestisius ini, membeberkan topik besar “Mewujudkan Kesejahteraan Melalui Pemerintahan Daerah yang Bersih, Inovatif dan Melayani (Praktik di Kota Malang)”. (Sa)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment