Berita TerbaruHeadline

Kelurahan Kasin Terbaik dalam Otonomi Award Lurah dan Camat 2016.

1 otonomi award 1 otonomi award3 1 otonomi award4Malang – Kelurahan Kasin akhirnya terpilih sebagai kelurahan terbaik di Kota Malang dalam gelaran Otonomi Award Lurah dan Camat tahun 2016.

Puncak acara yang bertepatan dengan HUT ke 102 Kota Malang digelar di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM) Jumat (1/3), malam, dan cukup
spesial karena dihadiri Wali Kota Malang, HM Anton, Ketua TP PKK Hj Farida Dewi Suryani, beberapa kepala daerah dari luar Kota Malang, seperti Bupati Jember Wakil Wali Kota Padang Panjang serta jajaran kepala dinas dan Forpimda.

Selain Kelurahan Kasin sebagai juara pertama, Kelurahan Purwantoro dinobatkan sebagai Kelurahan terbaik kedua sedangkan Kelurahan Tasikmadu menempati urutan ketiga. Di tingkat Kecamatan, Kecamatan Blimbing menjadi yang terbaik disusul Kecamatan Sukun.

Wali Kota Malang, HM Anton dalam sambutannya mengatakan momen ulang tahun kota saat ini cukup istimewa karena Malang mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) yang merupakan forum nasional bagi kota kreatif.

“Dalam membangun kota perlu peran serta masyarakat dan seluruh elemen agar berkolaborasi dalam mensejahterakan masyarakatnya,” ucap Abah Anton.

Kaitannya dengan perhelatan otonomi awards, Abah Anton, menegaskan, jika ide awal tercetusnya gagasan itu karena melihat banyaknya potensi ekonomo yang ada di tingkat kelurahan hingga kecamatan.

“Karena itulah munculnya gagasan otonomi awards ini agar bagaimana bisa mengangkat potensi mereka menuju ekonomi kreatif,” imbuh Abah Anton.

Orang nomor satu di Kota Malang itu berharap agar konsep Otonomi Awards ini, bisa ditiru oleh kota/kabupaten lainnya, karena hasil program itu cukup jelas dan sangat bermanfaat. Abah Anton mencontohkan, sejak Kelurahan Tlogomas ditetapkan sebagai yang terbaik di tahun 2014 dalam ajang otonomi awards, kelurahan itu bisa menyabet terbaik nasional pada tahun yang sama.

“Semangat bersama lurah dan camat membawa hasil yang sangat luar biasa sekali,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kota Malang yang juga panitia acara, Ir.Cipto Wiyono, dalam laporannya menyebut tujuan diadakannya otonomi ini adalah menumbuhkan ide krratif yang ada di 57 Kelurahan dan 5 Kecamatan. “Tema malam ini adalah Transformasi Malang Menuju Smart city,” kata Sekda Cipto Wiyono

Deputi Pengembangan Pariwisata, Kementerian Pariwisaya, Ni Wayan Giri Adnyani, mengapreasiasi adanya otonomi award, karena nantinya dapat tercipta sinergisitas antara masyarakat dan pemerintah, serta bisa dicontoh daerah lain. “Pariwisata yang benar adalah dari masyarakat oleh masyarakat dan hasilnya adalah untuk masyarakat,” kata Ni Wayan.

Berikut adalah pemenang Kelurahan terbaik berdasarkan Kategori:

1. Kategori Pendidikan: Keluran Blimbing.

2. Kategori Kesehatan: Kelurahan Purwantoro

3. Kategori Ekonomi Masyarakat: Kelurahan Cemoro Kandang

4. Kategori Keamanan dan Ketertiban: Kelurahan Kasin

5. Kategori Lembaga Masyarakat: Kelurahan: Bandungrejo

6. Kategori PKK: Kelurahan Bunulrejo

7. Kategori Partisipasi Masyarakat: Kelurahan Tasikmadu

8. Kategori Pemerintahan: Kelurahan Sukun (Sa)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *