Berita TerbaruHeadline

Wujudkan Malang Bermartabat, Pemkot Galakkan Razia Gepeng

12 gepeng3 12 gepengMalang – Visi mewujudkan Kota Bermartabat terus diupayakan Pemerintah Kota Malang. Salah satu ikhtiar itu yakni dengan melakukan operasi gelandangan dan pengemis (Gepeng) yang kerap mangkal di beberapa titik jalan.

Wali Kota Malang, Moch Anton, menegaskan sudah menginstruksikan Satpol PP untuk melakukan razia di beberapa titik, seeprti Alun-alun Merdeka dan Pasar Besar serta kawasan tempat gepeng mangkal lainnya.

“Kemarin sudah ada 10 gepeng yang berhasil diamankan dan rencana dikembalikan ke kota asal mereka,” kata Abah Anton.

Usai diamankan Satpol PP, para gepeng itu diserahkan kepada Dinas Sosial untuk dilakukan pendataan sebelum dikirim ke panti penampungan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur yang ada di Sidoarjo.

“Para gepeng ini kebanyakan dari luar daerah, warga Kota Malang sendiri saya lihat jarang bahkan tidak ada,” ungkapnya.

Diakui Abah Anton, pasca dilakukan razia biasanya mereka (para gepeng) tidak kapok dan kembali lagi mangkal di pinggiran jalan raya. Karenanya untuk meminimalisir jumlah gepeng kembali ke Kota Malang, Abah Anton mengaku sudah bersinergi dengan Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk melakukan penjagaan di seluruh jalan raya khususnya di titik jalan yang ada traffic light.

“Nantinya ada dua petugas berjaga, tujuannya agar gepeng tidak lagi mangkal di jalan selain itu juga untuk pengaturan lalu lintas,” pungkasnya. (Sa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *