Berita TerbaruHeadline

Hari Peduli Sampah Nasional

20160306172649 20160306172538

Kota Malang dan Kota Surabaya merupakan 2 (dua) daerah di Jawa Timur yang dipilih Pemerintah Pusat sebagai pilot project uji coba kantong plastik berbayar.
“Sesungguhnya ada 23 kota/kabupaten yang terpilih, cuma untuk Jawa Timur hanya 2 daerah karena mempertimbangkan manajemen pengolahan sampahnya, kesadaran masyarakatnya, pertumbuhan ekonominya serta dukungan dari asosiasi pengusaha pusat perbelanjaan setempatnya, “ujar Walikota Malang H. Moch. Anton disela sela kehadiran dalam upacara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2016 yang dipimpin Wakil Presiden, Jusuf Kalla (Lapangan Karobesi Kota Makassar, 5 Maret 2016).
Dihadapan gubernur, walikota dan bupati peserta HPSN, Wapres Jusuf Kalla mengingatkan kembali tragedi TPA Gajahluwi sebagai akibat ketidakmampuan bumi dalam menampung beban sampah yang terus menerus membukit. “Harus dibangun kesadaran untuk meminimalisir penggunaan bahan bahan yang sulit terurai kembali. Kebijakan plastik berbayar lebih bersifat mengedukasi agar masyarakat memilih pembungkus non plastik. Bahkan kue lemper yang terasa khas dengan menggunakan pembungkus daun, kini banyak yang bermigrasi menggunakan plastik, “ujar JK.
Pada puncak HPSN, ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama sosialisasi penggunaan plastik berbayar antara Gubernur DKI, Walikota/Bupati yang terpilih dengan Aprindo (Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *