Berita TerbaruHeadline

Hari Peduli Sampah

Walikota Malang, H. Moch Anton Minggu pagi (21/2), memperingati Hari Peduli Sampah dan Launching Kebijakan Plastik Berbayar di halaman Alun-alun Merdeka Malang.

Dalam sambutannya, Abah Anton, mengatakan saat ini sampah menjadi persoalan bagi Kota Malang yang sedang menuju predikat sebagai kota metropolitan. Karenanya, diperlukan kerjasama antara pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat yang ada di Bumi Arema dalam menangani masalah sampah ini.

Pemerintah Kota Malang, lanjut Abah Anton, terus berupaya mengurangi sampah dari berbagai sumbernya, dengan mengintensifkan kegiatan Bank Sampah Malang (BSM) yang meliputi sosialisasi hingga pelatihan pengolahan sampah bagi warga.

“Pengolahan sampah ini nanti sampai pada skala kawasan seperti ITF (Intermediate Treatment Facility) yang masih dalam proses pembangunan yang berbasis masyarakat serta rumah rumah kompos yang selama ini telah dilaksanakan DKP dan sektor pengepul, pemulung dan lapak,” imbuhnya.

Inovasi penanganan sampah itu, terus ditingkatkan Pemkot Malang dengan melaunching ‘Kebijakan Plastik Berbayar’. Khusus dalam hal ini, Abah Anton menginstruksikan kepada SKPD terkait agar membentuk peraturan yang mengikat sehingga bisa dijadikan dasar pelaksanaan.

“Kebijakan plastik berbayar pada tahap awal akan dilakukan pada ritail-ritail dan toko modern. Ke depan diharapkan juga muncul kepedulian masyarakat untuk membawa kantong sendiri yang dapat digunakan secara berulang,” tandasnya.

Selain itu Abah Anton juga mengingatkan kembali bahwa kota malang akan menjadi tuan rumah kegiatan ICCC, untuk itu Abah Anton mengajak semua masyakat kota malang untuk ikut berpartisipasi  mensukseskan acara tersebut.

Pada akhir sambutannya, Abah Anton mengapresiasi Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) serta seluruh elemen masyarakat yang sudah berpartisipasi aktif mewujudkan Kota Malang yang bersih, sehat, asri, hingga berhasil memperoleh predikat tertinggi di bidang kebersihan lingkungan yakni Adipura Kencana. (Sa)AsXQsWg6oA1ktU7CzDYqTPracq1J7m9_AIx2wvOWqueS AgTrtJpoMYz0UKnip3e8qRe4u82xBM2jK5-Q-F6bbIHV (1) Aiv9nuLZhUN-SqIAOJPobEolEGBGGJneWWj3sDlOG-aE Ah_2n1JdX3wqeTjEIeuNjGhY5BDSt_8PAXafavoBP6Iy Am2hPbzNgAT3URESgeFmaBFwr-OVLWepKK3gTHP3O5Bu