PELEPASAN TIM NAPAK TILAS PAHLAWAN NASIONAL KOMJEN POL PURN. DR. HM JASIN

jasin3 jasin2 jasin1
“Bismillah, semoga perjalanan ini lancar,” kata Walikota Malang, HM Anton sambil mengibarkan bendera pelepasan tim napak tilas.
Malang, 20 Januari 2016 bertempat di Alun-alun Kota Malang Walikota Malang melepas tim napak tilas pahlawan nasional komjen Pol Purn. Dr. HM Jasin ke Taman Dayu. Rute napak tilas ini dimulai dari Madiun-Nganjuk-Kediri-Blitar-Malang-Sidoarjo-Surabaya. Rombongan napak tilas terdiri dari tim inti 10 personel Brimob Detasemen B Pelopor Polda Jatim, dan puluhan personel Polres Malang Kota.
HM Jasin yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 116/TK/2015 Tanggal 4 Nopember 2015 merupakan salah satu tokoh yang memiliki peranan penting dalam perjuangan Kemerdekaan Indonesia diantaranya sebagai berikut:
1. sebagai komandan Polisi Republik Indonesia yang pertama (secara de facto) dengan adanya proklamasi 21 Agustus 1945.
2. sebagai satu-satunya pihak yang dipercaya sebagai pemegang keamanan oleh dunia internasional.
3. sebagai satu-satunya pihak yang mampu melucuti pihak jepang sehingga, badan perjuangan lain mendapat senjata atas bantuan M.Jasin.
4. sebagai satu-satunya komandan yang diberi surat penghargaan dari panglima sudirman, mengingat M. Jasin beserta jajarannya adalah satu-satunya kesatuan yang berhasil menumpas pemberontakan Mayor Sabbarudin pada 1946.
5. sebagai satu-satunya pihak yang diberi kepercayaan oleh Kol. Sungkono untuk menumpas PKI Madiun 1948.
6. sebagai pihak yang pertama menguasai Madiun ketika adanya Madiun Affair 1948.
7. sebagai satu-satunya Komandan yang berhasil mengamankan KNIP Malang pada 1947.

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Comments are closed.