KUNKER WANTIMPRES BERSAMA TIM KAJIAN PENINGKATAN DAYA SAING UMKM KOTA MALANG

1

2

6

Pertumbuhan ekonomi di Kota Malang saat ini berkembang sangat pesat sehingga memiliki potensi yang tinggi di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Oleh karena itu pada Kamis 22 Oktober 2015 bertempat di Ruang Sidang Balaikota Malang, Wakil Walikota Malang secara langsung menerima Kunjungan Kerja Dewan Pertimbangan Presiden (WANTIMPRES) bersama Tim Kajian Peningkatan Daya Saing UMKM Kota Malang. Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 30 peserta dari Anggota WANTIMPRES, Tim Kajian Peningkatan Daya Saing UMKM, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan para pelaku usaha.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Malang Drs. H. Sutiadji menyampaikan bahwa UMKM mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Hal ini dikarenakan pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan. Oleh karena itu, pengembangan UMKM perlu mendapat perhatian yang besar dari pemerintah maupun masyarakat. Perhatian tersebut berupa pendampingan dan pembinaan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Malang. Selain itu, Kota Malang telah membentuk forum pengembangan ekonomi daerah, yang berperan dalam memfasilitasi, memotivasi serta mendinamisir aktivitas ekonomi daerah dalam rangka mengembang-kan dan meningkatkan kualitas UMKM, menumbuhkan jiwa kewirausahaan masyarakat serta memberikan informasi terkait akses permodalan UMKM di Kota Malang. Segala upaya tersebut dilaksanakan agar keberadaan industri kecil Kota Malang dapat meningkatkan daya saing daerah di kancah perdagangan bebas ASEAN.

Sekretaris WANTIMPRES, Djadjuk Natsir, S.H. MM menjelaskan bahwa tugas WANTIMPRES adalah memberikan pertimbangan dan nasehat kepada Presiden. Untuk itu, WANTIMPRES mengadakan kunjungan kerja untuk melakukan kajian mengenai kendala yang terjadi pada UMKM di Indonesia. Beliau memaparkan beberapa kendala UMKM di beberapa kota di Indonesia yaitu permasalahan mengenai pengemasan (packaging), perpajakan, dan perijinan. Untuk itu diharapkan setelah adanya kunjungan kerja ini, dapat menemukan solusi yang tepat untuk menangani kendala-kendala tersebut.

Acara dilanjutkan dengan tukar menukar cinderamata, dialog dan tanya jawab, serta melakukan kunjungan lapangan menuju UMKM yang ada di Kota Malang diantara UMKM Keripik So Kressh, UMKM Batik Antique Boutique, dll. (Frs)

Posted in: Berita Terbaru, Headline

Leave a Comment