PERTEMUAN NASIONAL MUSEUM SE-INDONESIA

p1020466Bertempat di Balai Kota Malang, tepatnya pada hari selasa, 27 Mei 2015, H. Sutiaji selaku Wakil Walikota Malang secara langsung membuka Pertemuan Nasional Museum se-Indonesia dengan tema “Membangun Kualitas dan Kemandirian Museum”. Undangan yang berjumlah 260 orang dari delegasi Sekretaris Utama Badan Ekonomi Kreatif, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Pemerintah Provinsi Jatim (diwakili Kepala Museum Mpu Tantular), Pemerintah Kota Surabaya,Pemerintah Kabupaten Malang, Pemerintah Kota Batu. Adapun tujuan acara adalah pengelolaan aset kota Malang bersama-sama memajukan permuseuman Indonesia, merevitalisasi jati diri dan kepribadian Bangsa Indonesia.

Dalam sambutan Wali Kota, H. Moch Anton yang dibacakan oleh H. Sutiaji Wakil Walikota Malang, mengucapkan selamat datang kepada para peserta per-temuan nasional museum se indonesia. Semoga kebersamaan di kota malang ini, dapat menyatukan tekad kita didalam memajukan pelestarian cagar budaya serta permuseuman nusantara, sekaligus ikut mempromosikan musium dan dunia pariwisata kota malang di kancah nasional. Dan diakhir sambutan H. Sutiaji menyampaikan harapannya agar acara ini dapat menjadi pembuka jalan bagi hadirnya pemahaman dan sinergitas diantara para peserta, sehingga nantinya mampu membawa museum menjadi cermin peradaban budaya dan identitas bangsa serta dapat mem-bangun kualitas dan kemandirian museum di tanah air.

Sedangkan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Kacung Marijan menjelaskan barometer kemajuan negara tidak hanya dilihat dari ekonominya, tetapi juga bisa dilihat dari museumnya. Negara-negara yang maju memiliki museum yang indah baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Museum juga bisa menjadi tempat pembelajaran artefak yang merupakan harta sejarah nenek moyang seperti Candi Borobudur. Karenanya, butuh kerjasama antara insan museum dan pemerintah daerah untuk mendata dan merevitalisasi museum agar lebih representatif.

Kunjungan Kerja ini ditutup dengan pemberian cindera mata dari Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Kacung Marijan kepada Delegasi-delegasi yang hadir.

 

Posted in: Headline

Leave a Comment