SOSIALISASI TEKNOLOGI DIGITAL BAGI LEMBAGA PENYIARAN

p1020466Malang, 11 Mei 2015 bertempat di Ruang Majapahit Balaikota telah diadakan acara Sosialisasi Teknologi Streaming Bagi Radio dan Televisi yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Malang. Dihadiri oleh 75 orang peserta berasal dari lembaga TV dan radio Se-Kota Malang, kelompok informasi masyarakat serta dinas instansi terkait. Ketua Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI) Korda Malang Hendro Sumardiko beserta wartawan TV One Edy Cahyono menjadi narasumber pada acara ini.

Tujuan dari diadakannya acara ini adalah memberikan pengetahuan dan informasi kepada masyarakat khususnya lembaga penyiaran di Kota Malang tentang teknologi streaming bagi radio dan televise agar dapat memanfaatkan dengan maksimal serta siap mengikuti perkembangan teknologi masa kini. Hal tersebut dijelaskan oleh Dra. Lies Krisnani Kepala Seksi Penyiaran Dinas Kominfo Kota Malang dalam laporan penyelanggara kegiatan.

Kepala Bidang SKDI Diskominfo Kota Malang Bambang Nugroho mewakili Kepala Dinas Kominfo Kota Malang dalam sambutannya menjelaskan bahwa begitu cepatnya teknologi Informasi saat ini sehingga senantiasa masyarakat harus menyesuaikan perkembangan tersebut. Dalam dunia penyiaran saat ini dapat dikatakan mengalami masa transisi yakni dari penyiaran analog ke penyiaran digital dan kemajuan berkembangnya teknologi yang berimbas pada dunia penyiaran adalah dari penyiaran digital ke penyiaran streaming.Sehingga dengan diadakan acara sosialisasi ini sangat tepat supaya masyarakat khususnya lembaga penyiaran siap mengikuti perkembangan teknologi dan informasi.

Penggunaan teknologi streaming pada Internet broadcasting ini dapat memungkinkan stasiun radio atau televisi melakukan siaran menggunakan jalur internet, ada dua jenis layanan yang dapat disuguhkan oleh internet broadcasting ini yaitu on-demand dan live, yang kemudian dijelaskan secara teknis oleh para narasumber kemudian dilengkapi dengan sesi tanya jawab oleh peserta.

Posted in: Headline

Leave a Comment