Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Cegah Praktik Pungli Inspektorat Pemkot Malang Gelar Sosialisasi

Malang – Bagian Inspektorat Pemerintah Kota Malang, menggelar “Sosialisasi Pencegahan Pungutan Liar bagi OPD Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Malang” di ruang Akasia, Hotel Savana, pada Kamis (26/10).

Acara yang dihadiri seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga Camat dan Lurah ini dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji serta diisi oleh penyampaian materi dari beberapa pemateri seperti AKBP Hufron dari Unit Saber Pungli Polda Jatim hingga tim dari akademisi yang diwakili Bambang Sugiri dari Universitas Brawijaya.

Dalam sambutannya, Sutiaji mengatakan, keberadaan Tim Saber Pungli sebagaimana amanah dari Presiden RI, Joko Widodo ini tak lain adalah upaya untuk memperbaiki layanan publik, khususnya yang ada di Kota Malang. Karenanya, menurut Sutiaji, sosialisasi yang dilakukan pada hari ini sangat tepat dengan menghadirkan para Kepala OPD khususnya yang bersentuhan langsung dengan layanan publik.

“Kepercayaan masyarakat kepada birokrasi harus ditingkatkan, karena itu maka harus ada peningkatan kualitas layanan, salah satunya adalah tidak melakukan pungutan liar,” Kata Sutiaji.

Wakil Wali Kota dalam kesempatan itu juga mengimbau kepada Tim Saber Pungli dan Inspektorat agar juga melakukan sosialisasi terkait pungli kepada masyarakat. Sebab, jika warga mengerti dan memahami Standar Operasional Prosedur (SOP) maka peluang terjadinya pungli sangat kecil dan bahkan tidak ada.

“Termasuk pemahaman bersama antara masyarakat dan pemerintah terkait apa makna pungli, karena hal itu sangat penting agar tidak terjadi simpang siur di masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Inspektorat Pemkot Malang, Subari menegaskan jika kegiatan sosialisasi ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang pungli kepada kepala perangkat daerah, hingga camat dan lurah.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini pencegahan pungli bisa dilakukan di lingkungan Pemkot Malang sekaligus mampu meningkatkan layanan publik,” kata Subari. (Sa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *