Kunjungan Studi Banding Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Pemerintah Kota Malang Menerima Studi Banding Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Kunjungan ini diterima di ruang rapat staf ahli Balaikota Malang. Rombongan tamu dipimpin oleh H. Riadi, SKM.,MPH, Kepala Bidang Biro Umun Setda Provinsi Jawa Barat. Kunjungan ini diterima langsung oleh Asisten Admisnistrasi Umum Kota Malang, Dr. Supranoto. M. Kes.

Salah satu agenda reformasi di indonesia adalah menciptakan good governance dalam rangka membentuk indonesia baru. Hal ini juga berdampak pada tuntutan masyarakat untuk mereformasi masalah keuangan negara, yang dikelola secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggungjawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan, sehingga pemerintah telah mencanangkan reformasi di bidang keuangan negara.

Salah Satu Reformasi Yang Dilakukan Adalah Keharusan Menerapkan Akuntansi Ber-Basis Akrual Pada Setiap Instansi Pemerintahan, Baik Pemerintah Pusat Maupun Pemerintah Daerah. Seiring Hal Itu, Pemerintah Mengeluar-Kan Peraturan Pemerintah No.71 Tahun 2010 Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan, Dan Mengeluarkan Per-Mendagri No.64 Tahun 2013 Tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah.

“Atas berbagai upaya yang telah dilakukan, pemerintah kota malang telah memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari badan pemeriksa keuangan (BPK) Republik Indonesia, yang telah dicapai 5 kali yaitu WTP tahun 2012 untuk LKD tahun anggaran 2011; WTP tahun 2013 untuk LKD tahun anggaran 2012; WTP tahun 2014 untuk LKD tahun anggaran 2013 dan WTP tahun 2015 untuk LKD tahun anggaran 2014 serta WTP tahun 2016 untuk LKD tahun anggaran 2015. Diraihnya opini WTP ini antara lain karena penerapan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) pada setiap OPD dalam pelaksanaan dan pertang-gungjawaban keuangan daerah sudah berjalan dengan baik. ”pungkas Supranoto.

Terkait dengan hal itu pimpinan rombongan H. Riyadi, SKM, MPH menyampaikan maksud dan tujuannya untuk melihat secara langsung mengenai pencapaian kinerja Pemprov Jawa Barat dalam Pengelolaan Keuangan dan Aset yang merupakan hal yang vital untuk pencapaian kinerja Pemprov Jawa Barat.

“Pemprov Jawa barat juga ingin mempertahankan retemple dan Wagub kami juga sudah mendapatkan nilai A, Jadi tentu kami secara Operasional dalam melaksanakan kebijakan-kebijakan Provinsi, salah satunya adalah tentu pengelolaan keuangan dan Aset itu adalah Hal yang vital untuk pencaaian kinerja kita itu. Sehingga kami mendengar Kota Malang ini sudah mencapai hal tersebut sehingga kami mencoba mebawa temen-temen untuk bisa lebih mengetahui secara Operasional” pungkas Riyadi.

Acara dilanjutkan dengan tukar menukar Informasi/ sesi dialog dan diakhiri dengan tukar menukar cinderamata. (Rh)

Posted in: Berita Terbaru, Dokumentasi, Headline

Leave a Comment