Berita TerbaruDokumentasiHeadline

Visioning Workshop Program Air Minum, Sanitasi, dan Hygiene

Malang (20/9) – Pemerintah Kota Malang telah bermitra dengan USAID (United States Agency for International Development atau Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika) di bawah Program USAID IUWASH PLUS (Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene – Penyehatan Lingkungan untuk Semua) mengadakan Visioning Workshop untuk Program Air Minum, Sanitai, dan Hygiene yang bertempat di Ruang Sidang Balai Kota Malang. Dihadiri oleh 61 orang yang terdiri dari Wakil Walikota Malang, Drs. Hj. Sutiaji, Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Malang, Wasto, SH., MH, Pimpinan DPRD Kota Malang dan anggota, Wakil Direktur USAID Indonesia, Ryan Washburn, Chief of Party USAID IUWASH PLUS, Louis O’Brien beserta tim, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang, Erik Setyo Santoso, ST., MT., dan Direktur Utama PDAM.

Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang, menyampaikan bahwa pencapaian program universal akses 100-0-100 di tahun 2019 merupakan konsep pembangunan yang diinisiasi oleh pemerintah pusat dan harus dicapai, karena telah ditetapkan pada rpjmn 2015 – 2019 pada pembangunan sektor air minum dan sanitasi. Dan perlu adanya komitmen yang telah diratifikasi dalam peraturan walikota malang nomor 30 tahun 2015 tentang penyempurnaan indikator kinerja daerah kota malang tahun 2013-2018 yang mencantumkan penanganan kumuh dan akses universal dalam indikator kinerja misi pembangunan keempat yakni meningkatkan pembangunan infrastruktur dan daya dukung kota yang terpadu dan berkelanjutan, tertib penataan ruang serta berwawasan lingkungan.

Dalam hal ini Pemerintah Kota Malang menjalin kemitraan dengan USAID IUWASH PLUS diharapkan akan mendukung Pemerintah Kota Malang untuk memastikan adanya ketersediaan air baku yang berkelanjutan untuk memenuhi cakupan 100% layanan air minum kepada masyarakat. Demikian juga dengan sektor sanitasi yang memerlukan sistem pengelolaan air limbah domestik yang aman terhadap lingkungan sehingga kualitas layanan dasar ini dapat sesuai dengan yang ditargetkan oleh Sustainable Development Goals (SDG) di Tahun 2030.

Sementara dalam sambutan Wakil Direktur USAID Indonesia, Ryan Washburn menyampaikan rasa terimakasih karena telah diterima dengan baik oleh Pemerintah Kota Malang. “USAID memberikan bantuan teknis ke beberapa Negara terutama ditingkat nasional dan ditingkat daerah seperti yang kita lakukan di kota Malang di sektor air dan sanitasi. Kami ingin mencapai target bantuan tersebut 1 juta orang dan untuk pasokan air bersih dan sanitasi yang lebih baik untuk 500 ribu orang, karena air bersih dan sanitasi yang ramah lingkungan adalah kebutuhan yang mendasar untuk kesehatan yang baik dan peningkatan kualitas hidup secara keseluruhan.” kata Wakil Direktur USAID Indonesia, Bapak Ryan Washburn.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan partnership agreement antara Pemerintah Kota Malang dengan USAID IUWASH PLUS tentang pembangunan sektor air minum dan sanitasi di kota Malang dan penandatanganan komitmen pencapaian target akses universal 100-0-100 tahun 2019. Diakhiri dengan penukaran cinderamata dan foto bersama. (Aj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *